Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Authors

  • Zahratul Husna Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh
  • Husna Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh
  • M. Duskri Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh
  • Susanti Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v1i2.3389

Keywords:

Pengembangan Modul Pembelajaran, Pedagogical Content Knowledge (PCK), Model 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D dengan empat tahap pengembangan yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran matematika berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK). Total keseluruhan nilai rata-rata yang diperoleh dari tahap validasi modul pembelajaran, modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik serta modul pembelajaran berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam penelitian ini valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisan modul diperoleh dari hasil analisis respon guru dan uji coba siswa termasuk dalam kategori sangat baik.

References

Andi, Prastowo. (2015). Panduan kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S (2016). Perkembangan Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi pada Pendekatan Konkuren. Cakrawala Pendidikan, 3, 349-356.
Budiyono iSaputro. (2017). Manajemen iPenelitian iPengembangan i(Research i& iDevelopment) iBagi iPenyusun iTesis idan iDisertasi. i(Yogyakarta: iAswada iPressindo) iCet il, ih. i8
Daryanto, iAris iDwicahyono. (2014).iPengembangan iPerangkat iPembelajaran i i(Silabus, iRPP, iPHB, iBahan iAjar). iYogyakarta i: iGava iMedia
Morine-Dershimer, G., & Kent, T. (1999). The complex nature and sources of teachers pedagogical knowledge. In: Gess-Newsome, J.; Lederman, N.G. (Eds.) Examining Pedagogical Content Knowledge, Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers, p. 21-50.
Novalia, iH., i& iNoer, iS. iH. i(2019).Pengembangan iModul iPembelajaran iMatematika idengan iStrategi iPQ4R iuntuk iMeningkatkan iKemampuan iBerpikir iKreatif idan iKemandirian iBelajar iSiswa iSMA. iJurnal iPenelitian iDan iPembelajaran iMatematika, i12(1), i51–65. i
Purwanto,dkk.(2007). Pengembangan imodul i(Jakarta: iDepertemen iPendidikan iNasional) ih. i10
Sukiman, S.(2012). Pengembangan Media Pembelajaran.(Yogyakarta: Pedagogia)
Utami,K. N., Mustadi, A.(2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter,Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1)
Yusuf,W.F. i(2018). Implementasi iKurikulum i2013 i(k-13) ipada iMata iPelajaran iPendidikan iAgama iIslam iSekolah iDasar i(SD). iAl-Murabbi: iJurnal iPendidikan iAgama iIslam, i2(2), i263-278.

Downloads

Published

2023-09-23