Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Self Regulated Learning

Authors

  • Nauratul Jannah 3Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Burhanuddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Susanti Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v1i1.2499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs yang ditinjau dari Self Regulated Learning (SRL). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 3 orang siswa kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh. Subjek dipilih berdasarkan hasil angket SRL. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara mengumpulkan data pada sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya siswa dengan SRL yang tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, siswa dengan SRL yang sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif  sedang dan siswa dengan SRL rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah.

References

Andianti Tiara, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa SM. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(1).
Faturohman, Afriansyah. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving, Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 108.
Hendri Rini, dkk .Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Di Kelas Viii Smpn 4 Bukittinggi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(1).
Kinati Dini Fardah (2013).Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalamMatematika Melalui Open-Ended”, Jurnal KREANO FMIPA UNNES, 3(2)
Mauludin Asep dan Adi Nurjaman. Analisis Pengaruh SRL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2).
Permata Sari Intan dan Tina Yunanti. (2015). Open-ended Problem untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Ratnasari Dewi, dkk. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari motivasi siswa pada materi lingkaran di SMP Negeri 12 Singkawang, Jurnal Of Educational Review and Research, 2(1), 2019.
Sanusi A.S, dkk. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 512.
Trisnawati Iis, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI Pada Matemati Trigonometri Ditinjau Dari Self Confidence”, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3).
Permata Sari Intan dan Tina Yunanti. (2015) Open-ended Problem untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 317.

Downloads

Published

2023-02-20