Accelerated Learning: Antara Idealitas dan Realitas

Authors

  • Yuni Setia Ningsih Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Syabuddin Syabuddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Fithriani Fithriani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/sinthop.v2i1.2931

Keywords:

Proses Pembelajaran, Model Accelerated Learning, Implikasi Psikologis

Abstract

One model that aims to accelerate the learning process is the accelerated learning model. This learning model, with its unique principles, aims to achieve better learning outcomes in a shorter period of time. However, it turns out that the accelerated learning model does not work well. The education system in Indonesia allows for large class sizes, with about forty students per class. With the varying conditions of the students, the accelerated learning model will have different consequences, both positive and negative. Therefore, in order to understand the psychological impact of this model on students during the learning process, this research needs to be conducted. This study is a qualitative research that uses a critical analytical approach and aims to critique the accelerated learning model. The data used consists of open-ended questionnaires and relevant literature. This study focuses on the psychological implications of the accelerated learning model on students. Based on the research findings, it is known that the positive impact of the model is that students will feel motivated and confident in completing additional tasks. However, the negative impact is that it can lead academically high-achieving students to not appreciate their lower-performing peers and create jealousy among them.

Abstrak

Salah satu model yang bertujuan untuk mempercepat proses pembelajaran adalah model accelerated learning. Model pembelajaran ini dengan prinsip-prinsipnya yang unik bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Ternyata model accelerated learning tidak berjalan dengan baik. Sistem pembelajaran di Indonesia memungkinkan rombongan belajar, atau jumlah siswa per kelas, sekitar empat puluh siswa. Dengan kondisi siswa yang bervariatif, model accelerated learning akan memiliki konsekuensi yang berbeda, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, untuk mengetahui dampak psikologis model tersebut terhadap siswa dalam proses pembelajaran, penelitian ini harus dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan analitis kritis dan bertujuan untuk mengkritik model accelerated learning. Data yang digunakan adalah angket terbuka dan literatur terkait. Penelitian ini berfokus pada implikasi psikologis model accelerated learning terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dampak positif model tersebut adalah siswa akan merasa termotivasi dan percaya diri untuk menyelesaikan tugas-tugas tambahan. Namun, dampak negatifnya adalah membuat siswa yang kemampuan akademisnya tinggi tidak menghargai teman yang lebih rendah dan menimbulkan kecemburuan di antara mereka.

 

Author Biographies

Yuni Setia Ningsih, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

 

 

Syabuddin Syabuddin, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

 

 

Fithriani Fithriani, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

 

 

References

dok.com. (2013). Rekrutmen Guru Kelas Akselerasi dan Unggulan. https://123dok.com/article/rekrutmen-guru-kelas-akselerasi-dan-unggulan.q2n1mxwe

Ariesta, F. W. (2021). Hakikat Teori Multiple Intelligences dalam Pembelajaran (Howard Gardner) – Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://pgsd.binus.ac.id/2021/12/07/1372/

Hafil, M. (2014). Kemendikbud hapus program akselerasi. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/nd6cab10/kemendikbud-hapus-program-akselerasi

Hamid, I. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Belajar Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 2(2), 16–29.

orami.co.id. (2023). 8 Ciri-Ciri Anak Akselerasi yang Punya Kecerdasan Tinggi. https://www.orami.co.id/magazine/ciri-ciri-anak-akselerasi

Purnami, R. S., & Rohayati, R. (2016). IMPLEMENTASI METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILLS MAHASISWA YANG MENUNJANG INTEGRASI TEKNOLOGI, MANAJEMEN DAN BISNIS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3511

Rahmiati, & Neviyarni. (2021). Teori Belajar Accelerated Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 255–260. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/941

Rohani. (2015). Penerapan accelereted learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada topik aritmatika sosial di kelas VII MTs islamiyah gunting saga kecamatan kualuh selatan kabupaten labuhan batu utara. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA, 1(2).

sc.syekhnurjati.ac.id. (2023). Modul Perkuliahan: Pertemuan Ke 13. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/files_dosen/modul/Pertemuan_13PAI_5220959.pdf

Tafsir Ibnu Katsir. (2015). Tafsir Surat Al-A’raf, ayat 31. May 13, 2015. http://www.ibnukatsironline.com/2014/08/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-31.html

Tin, S. (2006). Menerapkan Model Accelerated Learning dalam Pembelajaran Akuntansi: Sebuah Pedoman untuk Dosen-Dosen Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 6(2), 139–154. https://doi.org/10.25105/mraai.v6i2.915

Viva.pressbooks.pub. (n.d.). Chapter 2: Influences on Learning: Student Differences and Similarities – Foundations of American Education: A Critical Lens. Retrieved May 4, 2023, from https://viva.pressbooks.pub/foundationsofamericaneducation/chapter/chapter-2/

WartaGuru.ID. (2022). Mengenal Program Kelas Akselerasi dalam Sistem Pendidikan di Indonesia -. https://wartaguru.id/mengenal-program-akselerasi-dalam-sistem-pendidikan-di-indonesia/

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ningsih, Y. S. ., Syabuddin, S., & Fithriani, F. (2023). Accelerated Learning: Antara Idealitas dan Realitas. INTHOP: edia ajian endidikan, gama, osial an udaya, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.22373/sinthop.v2i1.2931