Pemanfaatan Media Online Terhadap Pengembangan Usaha Masyarakat Di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan

Authors

  • Nelly Junaidi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Khairul Habibi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rusnawati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fatimah Al Maikar Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Online Media;, Business;, Society

Abstract

Permasalahan dalam tulisan ini adalah Pemanfaatan Media Online terhadap pengembangan usaha masyarakat yang sudah berjalan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Kota Bahagia Aceh. Memanfaatkan Media Online sebagai sarana penjualan terhadap pengembangan usaha masyarakat sangat membantu para penjual online di Kota Bahagia di karenakan dengan menggunakan Media Online, para penjual online dapat memasarkan usahanya tanpa batas sehingga dengan demikian penjual online dapat menarik pelanggan lebih banyak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh manfaat yang di timbulkan oleh Media Online terhadap usaha massyarakat di Kecamatan Kota Bahagia. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan jenis penelitian field research dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara obseravasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Media Online sebagai sarana penjualan sangat membantu penjual online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan dalam memasarkan dagangannya. Dengan menggunakan Media Online para penjual online di Kecamatan Kota Bahagia dapat pencangkup area wilayah yang sangat luas sehingga dengan demikian penjualan tersebut dapat menjangkau konstumer lebih banyak sehingga menjadikan penjualan secara online sangat efektif untuk dilakukan.

References

Achmad. Zainal. Abidin., ddk., pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk umkm di kelurahan sidokumpul, Studi Kabupaten Gresik, jurnal ilmu komunikasi, 2020.
Albi. Aggito, ddk., Metode Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018. Bahri. Syabbul., Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam, Jurnal Episteme, 2013.
Ebbert & Griffin., Pengantar Bisnis Edisi Ke Sepuluh, Jakarta: Erlangga, 2014.
Fermansyah. Anang., Kewirausahaan (Dasar dan Konsep), Jawa Timur: Qiara Media, 2019.
Kaplan. Andreas M., dan Haenlein. Michael., Users of the world united The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 2010.
Kasmir., Kewirausahaan, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada, 2007.
Mulawarman., dan Nurfitri. Aldila. Dyas., Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan, 2017.
Nasrullah. Rulli., Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2017.
Nuruddin., Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Nurjalia., Pengaruh Media Social Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studipendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry, Skripsi, Banda Aceh: Uin Ar-Raniry, 2018.
Oetomo. Budi. Sutedjo. Dharma, dkk., Pengantar Teknologi Informasi Internet; Konsep dan Aplikasi , Yogyakarta: Andi, 2007.
Purwidiantoro. Hari., Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm).
Romli. M., dan Syamsul. Asep., Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online, Bandung, Nuansa Cendekia, 2012.
Rudjito., Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, Jakarta: Alfabeta.2013.
Riadi. Muchlisin., Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi dan Tahapan) di akses dari https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha- pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html pada tanggal 2 Januari 2021.
Salim. Peter., Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Press, 2002.
Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Salim. Munir., Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam, Al- Daulati, 2017. Saiman. Leonardus., Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Yusuf. Muri., Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan penelitian gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37502/1/DESI%20PUR NAMA%20SARI-FAH.pdf. Di akses pada tanggal 29 Juni 2020.
http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YTdmMWIyNWFiYmZhOGNhZWYzM2Q4YzhjNWE3ODZmNzU0NzA2Mzk4Ng ==.pdf. Di akses pada tanggal 29 Juni 2020.
http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YTdmMWIyNWFiYmZhOGNhZWYzM2Q4YzhjNWE3ODZmNzU0NzA2Mzk4Ng ==.pdf. Di akses pada tanggal 29 Juni 2020.
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4864/1/Nurjalia.pdf. Di akses pada tanggal 29 Juni 2020. http://digilib.uin-suka.ac.id/27688/. Di akses pada tanggal 29 Juni 2020.
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2- 01254AR%20Bab2001.pdf. Diakses pada tanggal 01 Juli 2020.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Junaidi, N. ., Habibi, K., Rusnawati, & Al Maikar, F. (2024). Pemanfaatan Media Online Terhadap Pengembangan Usaha Masyarakat Di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan. ADIDA, 4(1), 87–110. etrieved from https://journal32.ar-raniry.ac.id/sadida/article/view/4177