Lektur Klasik Kependidikan Islam Genre Psikologi

Classic Lecture On Islamic Education Psychology Genre

Authors

  • Andika Cibro Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Abd. Mukti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Junaidi Arsyad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i1.4081

Keywords:

Lektur Klasik, Pendidikan Islam, Psikologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas lektur klasik kependidikan islam pada genre psikologi untuk dapat dijadikan perbandingan atau bahkan ditemukan relevansi pada era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (libraryresearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menjelaskan Psikologi memiliki pengaruh besar dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi merupakan tokoh islam klasik yang populer dikaji dan dikembangkkan hingga saat ini, ketiganya memiliki karya-karya pada aspek psikologi yang berpotensi dalam sejumlah upaya aktivitas yang dilalui masyarakat di berbagai situasi dan kondisi. Pada kependidikan islam pemikiran Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi tentang psikologi masih relevan untuk diterapkan dimasa sekarang.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Cibro, A., Mukti, A., & Arsyad, J. (2024). Lektur Klasik Kependidikan Islam Genre Psikologi: Classic Lecture On Islamic Education Psychology Genre. ITRAH: nternational slamic ducation ournal, 6(1), 19–40. https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i1.4081