Penerapan Media Audio Visual Untuk Mengenalkan Nilai akhlAk di TK Al-Hidayah Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Authors

  • Muthmainnah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Heliati Fajriah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Firiza Humaira Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v1i2.3435

Abstract

Pengenalan nilai akhlak merupakan bentuk pembinaan manusia menjadi sosok manusia yang berakhlak terpuji, bermoral, beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. Pembentukan akhlak yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka dari itu pengenalan akhlak harus dimulai sejak dini. Pengenalan akhlak merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada peserta didik sejak dini. Peserta didik di TK Al-Hidayah Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan masih kurang dalam mengenal nilai-nilai akhlak. Seharusnya pada tingkat tersebut anak sudah mengenal sikap jujur, sikap sopan, rasa hormat, sikap peduli, dan sikap tolong menolong sesama. Hal ini disebabkan karena terbatasnya penerapan media pada sekolah tersebut sehingga anak kurang dalam pengenalan akhlak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai akhlak terpuji dengan menerapkan media audio visual melalui pemutaran film animasi Nusa dan Rara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu peserta didik usia 4-5 tahun pada kelompok A dengan jumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test untuk melihat pengenalan nilai akhlak pada anak melalui pemutaran film animasi Nusa dan Rara dengan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan nilai akhlak pada anak sebelum menggunakan media audio visual menghasilkan rata-rata 1,6 dengan kategori Mulai Mengenal nilai akhlak. Namun setelah menggunakan media audio visual dengan pemutaran film animasi, pengenalan nilai akhlak pada anak memiliki nilai rata-rata 3,2 dengan kategori Sudah Mengenal. Hasil analisis data uji t, maka diperoleh nilai t_hitung 23,98 dan nilai t_tabel 1,761 dengan derajat kebebasan (db) 14 pada taraf signifikan 5% (0,05) dan diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest dengan selisih rata-rata yaitu 1,6. Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat dikatakan bahwa t_hitung > t_tabel sehingga  diterima dan  ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat mengenalkan nilai akhlak anak di TK Al-Hidayah Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

References

An-Nahwali, Abdurrahman. 2002. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press.
AR, Zahrudin. 2004. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fadjarajani, Siti Fadjarajani, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner”, Gorontalo: Ideas Publishing.
Fitri, Radhiyatul dan Pradipta, Rensia. 2017. Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cemara Indah Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Lectura, ISSN; 2598-2060.
Herawati, 2017. Jurnal Bunayya PIAUD UIN Ar-Raniry, Vol III No. 2.
Hermawan, Iwan. 2019 Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Method, Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.
Hidayat, Alimul Aziz. 2015. Metode Penelitian Paradigm Kuantitatif, Surabaya: Health Books Publishing.
Junaida, dan Sovia Mas Ayu. 2018. Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 8, No. 2.
Kartikowati, Endang dan Zubaedi. 2020. Pola Pembelajaran 9 Pilar Kararkter pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan. 2014. No. 137 dan 146
Muhyidin, Muhammad. 2008. Mengajar Anak Berakhlak Al-qur’an, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan, Jakarta: Numi Aksara.
Nata, Abuddin. 2008. Akhlak Tasauf, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Parapat, Asmidar, 2020. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher.
Sanjaya, Wina. 2008 Perencanaan dan Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistiks dalam Penelitian, Jakarta: Change Publication.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. 2009. Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyyah Lith Thifl. Terj. Farid Abdul Azis Qurusy, Prophetic Parenting: Cara Nabi SAW Mendidik Anak, Cet. IV, Yogyakarta: Pro-U Media.
Ulfa, Maria. 2018. Pembelajaran PAKEM Berbasis Media Audio Visual Gerak Dalam Melatih Konsentrasi Belajar Anak Di TPA Sahabat Hati Pontianak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4 No. 2.
Yaqin, Ainun. 2020. Pendidikan Akhlak-Moral Berbasis Teori Kognitif, Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-09-16