Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Aplikasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo

Authors

  • Faisal Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP IAIN Langsa
  • Raudatul Husna Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP IAIN Langsa
  • Sarah Yulis Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v1i2.3405

Keywords:

Aplikasi Edmodo, Blended learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Pada masa era ini keterlibatan teknologi pada pendidikan sebagai alat infornasi dan komunikasi menjadi kebutuhan yang mutlak yang harus dimiliki dan dimanfaatkan  oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII.2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII.3 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes yang berbentuk essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Uji hipotesis menggunakan uji T satu pihak, yaitu uji T pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen adalah 28,1583 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol adalah 21,6690. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung ttabel 7,56  1,67 sehingga Ha diterima, yang bermakna bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Edmodo lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model konvensional

References

Maurisa, Rizka. “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis matmatis siswa kelas X MAS DARUL ULUM”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 49.
Muh Fahrurrozi and Muhip Abdul Majid, “Pengembangkan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018,” Vol. 1, No. 1, (2018): 57–67.
Rahmawati, dan Angria Septiani Mulbasari. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemais Dengan Cooperative Script dan Blended Learning”, Jurnal Inovasi Matematika (inomatika), Vol. 2, No. 1, (2020): 52-64.
Rizkiyah, Apriliya. “Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya,” Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 1, No. 1, (2015): 40–49.
Russeffendi, Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito, (1991): 86.
Sanaky. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara, 2013, 240.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, cet. X, Bandung: Alfabeta, (2010): 110-111.
Sumartini, Tina Sri. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol. 5, No. 2, (2016): 148-158

Downloads

Published

2023-09-14