Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Perilaku Amanah Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fakhri Yacob Prodi Bimbingan dan Konseling FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v1i2.3404

Keywords:

Hasil Belajar, aktivitas belajar siswa, Problem Based Learning, sekolah dasar, PTK, Prilaku Amanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan hasil belajar materi Perilaku Amanah pada siswa sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan (2) aktivitas belajar materi perilaku terpuji amanah mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penggunaan model pembelajaran problem-based learning pada siswa setingkat sekolah dasar. Jenis penelitian Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) digunakan untuk memenuhi maksud dari penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 16 Aceh Besar tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui Paper-Pencil Test materi Amanah dan Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana berupa formula untuk mendapatkan indek persentase dan rata-rata. Data penelitian melaporkan bahwa penerapan model pembelajaran problem-based learning materi perilaku terpuji Amanah pada siswa kelas IV MIN 16 Aceh Besar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di samping itu, suasana kelas selama pembelajaran berlangsung dengan melibatkan problem-based learning terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang terekam pada setiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem-based learning pada materi perilaku terpuji amanah dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas sekolah dasar.

References

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arends, Ricard. (2007). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Delisle, R. (1997). How to Use Problem-Based Learning in The Classroom. (Dalam Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama. al.162).

Depdikdasmen. (1999). Penelitian Tindakan (Action Researchs), Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk., (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan IV. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainal Aqib. (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya

Downloads

Published

2023-09-15