Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Di Mtsn 4 Banda Aceh

Authors

  • Eva Ayu Dwi Sartika UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Misbahul Jannah 1Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Ar-Raniry
  • Zikra Hayati Program Studi Pendidikan Madrsah Ibtid’iyah, UIN A-Raniry,
  • Wati Oviana Program Studi Pendidikan Madrsah Ibtid’iyah, UIN A-Raniry,

DOI:

https://doi.org/10.2022/edj.v2i1.2503

Keywords:

IPA, Blended Learning

Abstract

Dunia mengalami goncangan yaitu adanya virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di MTsN 4 Banda Aceh yang menerapkan Pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA berbasis blended learning di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang di interprestasikan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 7 orang responden yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 6 orang peserta didik kelas IX. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran online atau daring, peserta didik dan pendidik menggunakan aplikasi WhatsApp dan Classroom sebagai media komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Adapun informasi yang diperoleh selama belajar online adalah berupa pembelajaran dari YouTube, Google , pdf dan buku paket. Pembelajaran secara luring, media yang digunakan adalah berupa video melalui infocus. Informasi yang diperoleh yaitu dari buku paket, buku guru dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Pembelajaran tatap muka dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif. (Sukabumi: CV Jejak, h. 7-9

Eko Santoso. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended LearnngPada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SD 52 Kota Bengkulu Pada Masa Pandemi Covid-19. H. 4.

Kilinc Ahmet dan Abdullah Aydin, (2013), “Turkish Student Science Teachers’ Conceptions of Sustainable Development: A Phenomenography”, International Journal of Science Education, 35 (5), 731–52.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mohammad Arif Amiruddin Jabbar. (2014). Analisis visual Kriya Kayu Lame Di Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan PagadenKabupaten Subang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. V. 3. No. 1. h. 6

Sanjaya, wina. (2014). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. ( Cet. XI) Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.

Downloads

Published

2024-02-18